Surah Al Baqarah

Ayat 7

خَتَمَ ٱللَّهُ عَلَىٰ قُلُوبِهِمۡ وَعَلَىٰ سَمۡعِهِمۡۖ وَعَلَىٰٓ أَبۡصَٰرِهِمۡ غِشَٰوَةٞۖ وَلَهُمۡ عَذَابٌ عَظِيمٞ

Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka, penglihatan mereka telah tertutup, dan mereka akan mendapat azab yang berat.

Penjelasan & Kandungan

(Allah mengunci mati hati orang-orang kafir) maksudnya menutup rapat hati mereka sehingga tidak dapat dimasuki oleh kebaikan (begitu pun pendengaran mereka) maksudnya alat-alat atau sumber-sumber pendengaran mereka dikunci sehingga mereka tidak memperoleh manfaat dari kebenaran yang mereka terima (sedangkan penglihatan mereka ditutup) dengan penutup yang menutupinya sehingga mereka tidak dapat melihat kebenaran (dan bagi mereka siksa yang besar) yang berat lagi tetap.

Demikianlah golongan orang-orang kafir, mereka itu adalah orang-orang yang tidak lagi akan bermanfaat segala nasehat yang diberikan kepadanya. Hal tersebut disebabkan karena kesombongan dan pengingkaran mereka, yang menyebabkan Allah tutup bagi mereka seluruh pintu hidayah bagi dirinya; hati, pendengaran dan pandangan mereka Allah tutup, hingga tidaklah hidayah akan masuk ke dalam dirinya, dan tidaklah pula maksiat dan pengingkaran kepada Allah akan pergi dari hatinya.

Olehnya, hendaknya setiap manusia berhati-hati terhadap sekecil apapun dosa. Karena dosa kecil yang dilakukan berulang-ulang dan tidak diiringi dengan pertaubatan yang segera bagaikan noda-noda hitam yang menumpuk. Dan jika tumpukan itu telah melewati ambang batasnya, maka itulah “raan” (penghalang tebal) yang menutup hati seseorang dari cahaya Allah.

Share this:

Like this:

Like Loading...
%d bloggers like this: