Surah Al Baqarah

Ayat 11

وَإِذَا قِيلَ لَهُمۡ لَا تُفۡسِدُواْ فِي ٱلۡأَرۡضِ قَالُوٓاْ إِنَّمَا نَحۡنُ مُصۡلِحُونَ

Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Janganlah berbuat kerusakan di bumi!” Mereka menjawab, “Sesungguhnya kami justru orang-orang yang melakukan perbaikan.”

Penjelasan dan Kandungan

Pertarungan antara kebaikan dan kejahatan adalah hal yang akan selalu ada hingga hari dimana kebenaran sesungguhnya akan terungkap. Olehnya, maka sebagaimana mengetahui kebenaran itu adalah hal yang diperintahkan, pun mengetahui kesalahan dan kejahatan untuk menghindarinya adalah hal yang diperintahkan. Demikian juga mengetahui kawan dan lawan, pun adalah hal yang tentu seharusnya dilakukan.

 

Musuh kaum muslimin ada dua, yaitu;

  1. Mereka yang secara jelas menyatakan permusuhannya itu. Mereka itu adalah orang-orang kafir.
  2. Mereka yang menyembunyikan permusuhannya; menampakkan persahabatan yang erat di hadapan kaum muslimin dan menghabisi mereka di belakangnya. Mereka itulah orang-orang munafik.

 

Membentengi diri dari kejahatan orang-orang kafir tidaklah sesulit membentengi diri dari kejahatan orang-orang munafik; karena kelompok pertama adalah kelompok yang jelas, sedangkan yang kedua adalah musuh berbahaya yang tidak nampak.

Orang-orang munafik, keberadaan mereka di tengah kaum muslimin adalah satu diantara cobaan yang Allah berikan kepada mereka. Mereka selalu mengintai, mencari-cari kelemahan, dan mengambil keuntungan dari sekecil apapun kelengahan kaum muslimin untuk membuat mudharat, tidak saja bagi kelompok kaum muslimin tertentu, tetapi juga bagi seluruh alam semesta.

 

Maka agar kaum muslimin waspada akan kejahatan jenis manusia seperti itu, Allah pun uraikan secara panjang lebar tentang mereka dan memaparkan ciri-cirinya;

 

Allah berfirman;

وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ لَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ قَالُوا إِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُونَ

 

“Dan bila dikatakan kepada mereka: “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi”. Mereka menjawab: “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan”.”. (Al Baqarah; 11)

Share this:

Like this:

Like Loading...
%d bloggers like this: