Surah Al Baqarah

Ayat 21

يَاأَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa.”

Penjelasan dan Kandungan

Ketika Allah telah menyebutkan beberapa karakter yang dimiliki oleh orang bertakwa, yang diikuti dengan penyebutan karakter orang-orang kafir dan orang-orang munafik; maka pada ayat ini Allah memanggil seluruh hamba Nya agar menyembah Nya dan tidak menyembah selain Nya, atau agar mereka memperbaiki tingkat penyembahannya kepada Nya.

 

Seruan tersebut, Ia iringi pula dengan memaparkan sebagian dari bukti keberhakan Nya untuk dijadikan sebagai satu-satunya sembahan, tiada sembahan yang benar melainkan Ia sendirinya. Satu diantara bukti keberhakan Nya itu adalah karena Dia adalah Tuhan yang telah menciptakan kalian dan telah menciptakan orang-orang sebelum kalian, tentu dengan seluruh instrument hidup yang hingga kini kita saksikan, rasakan dan nikmati.

 

Kesadaran akan nikmat yang begitu besar dan tiada terhingga itulah yang seharusnya membuat manusia menjadi hamba Allah yang paripurna. Dan olehnya itu, mengawali ayat ini, Allah seru seluruh manusia untuk melakukan pengamatan itu secara baik agar hal tersebut dapat mengantarnya menjadi hamba Allah yang paripurna.

Share this:

Like this:

Like Loading...
%d bloggers like this: