Surah Al Baqarah

Ayat 23

وَإِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِمَّا نَزَّلْنَا عَلَى عَبْدِنَا فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِنْ مِثْلِهِ وَادْعُوا شُهَدَاءَكُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.

Penjelasan dan Kandungan

Pada ayat sebelumnya, Allah telah menegaskan keberhakannya sebagai Rabb, satu-satu Nya sembahan yang benar, dan tidak ada sembahan yang benar melainkan Ia sendirinya. Hal demikian adalah asas pertama dalam agama yang wajib untuk diimani.

 

Setelah menegaskan asas tersebut, Ia pun menjelaskan asas yang kedua, yang merupakan satu paket yang tidak terpisah dari asas yang pertama. Asas yang kedua ini adalah iman bahwa Muhammad shallallahu alaihi wa sallam adalah benar merupakan utusan Allah hingga hari kiamat kepada seluruh manusia.

 

Bukti terbesar akan kebenaran nubuwwah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam (status beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai seorang nabi) adalah Al Quran, kitab suci yang ia bawa untuk disampaikan kepada seluruh manusia. Kebenaran itu terbukti dengan tantangan Allah kepada seluruh manusia untuk menghadirkan kitab yang sama dengan Al Quran, namun hingga saat ini dan hingga hari kiamat tidak akan ada seorangpun yang dapat menghadirkannya. Tantangan itu bahkan tidak saja ditujukan kepada para penyembah selain Nya, tetapi juga ditujukan kepada makhluk yang ridha dinyatakan sebagai sembahan selain Allah.

Share this:

Like this:

Like Loading...
%d bloggers like this: