Surah Al Baqarah

Ayat 24

فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا وَلَنْ تَفْعَلُوا فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ

Maka jika kamu tidak dapat membuatnya (satu surah yang serupa dengan Al Quran), dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.”.

Penjelasan dan Kandungan

Tantangan kepada seluruh manusia hingga akhir zaman untuk membuat satu surah yang semisal dengan Al Quran adalah satu diantara indikator yang menunjukkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah benar merupakan penutup para rasul, dan Al Quran yang beliau bawa adalah kitab terakhir yang Allah turunkan bagi seluruh manusia.

 

Barangsiapa beriman kepada Allah, beriman kepada Rasulullah dan beriman kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul Nya; maka sungguh ia telah menjaga dirinya dari bara api neraka.

 

Namun barangsiapa yang tidak beriman, maka mereka itulah orang-orang kafir, yang telah Allah siapkan bagi mereka neraka yang apinya membara dengan manusia-manusia kafir dan bebatuan sebagai bahan bakarnya.

 

Semoga Allah menyelamatkan kita dari panasnya bara api neraka dan memasukkan kita ke dalam surga yang tertinggi bersama hamba-hamba yang shaleh dan taat kepada Nya.