Surah Al Baqarah

Ayat 25

وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ كُلَّمَا رُزِقُوا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِزْقًا قَالُوا هَذَا الَّذِي رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ وَأُتُوا بِهِ مُتَشَابِهًا وَلَهُمْ فِيهَا أَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ وَهُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.

Penjelasan dan Kandungan

Setelah menjelaskan tentang neraka dan para penghuninya, maka merupakan hal yang sangat tepat jika kemudian Allah menyebutkan surga dan kelezatan serta kenikmatan yang ada di dalamnya.

 

Dalam ayat ini, Allah memberi kabar gembira bagi orang-orang yang beriman dan membuktikan keimanannya dengan melakukan amal shaleh bahwa di akhirat mereka akan dimasukkan ke dalam surga yang dipenuhi dengan berbagai kenikmatan, dan mereka kekal di dalamnya.

 

Diantara kenikmatan itu adalah :

 

1. Surga yang didalamnya ada kebun-kebun rindang, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai indah.

 

2. Di surga, tiap hari mereka akan diberi rezki berupa buah-buahan yang meski sejenis dengan buah-buahan yang telah diberikan kepada mereka sebelumnya, namun memiliki rasa yang berbeda dan terus berganti.

 

3. Di surga, mereka akan dikaruniai bidadari yang terus dalam keadaan suci lahir dan batin.

 

4. Seluruh kenikmatan yang dikaruniakan Allah kepada mereka itu akan kekal selamanya.

 

5. Seluruh kenikmatan yang akan diraih oleh orang-orang beriman dan beramal shaleh di surga adalah kenikmatan yang ketika di dunia tidaklah pernah terlihat, tidak pula pernah terdengar dan bahkan tidak sedikitpun terlintas dalam hati dan pikiran.

 

Demikianlah kabar gembira ini Allah sampaikan kepada hamba-hamba Nya untuk memotivasi mereka agar lebih keras dalam melakukan usaha-usaha yang dapat meningkatkan keimanannya. Dan usaha-usaha tersebut tidak lain adalah amal-amal shaleh; amal yang dilakukan dengan niat untuk ibadah dan amal yang tidak melanggar aturan-aturan agama.

 

Daintara pelalajaran lain dari ayat ini :

 

1. Di dalam ayat ini ada isyarat disenaginya bagi kita memberi motivasi kepada orang-orang untuk melakukan amal kebaikan, yaitu dengan menggembirakan mereka, menyebutkan balasan baik yang akan mereka dapatkan dari amal baik yang telah mereka kerjakan.

 

Amal kebaikan yang dimaksud adalah amal yang terkumpul padanya empat hal, yaitu;

1. ilmu yang benar

2. niat yang benar

3. sabar dalam menekuninya

4. ikhlas semata mengharapkan ridha Allah

 

2. Di dalam ayat ini ada isyarat akan empat hal pokok yang pasti menjadi dambaan setiap orang, yaitu; tempat tinggal, rezki, pasangan hidup dan rasa aman dari bencana serta kematian. Empat hal itulah yang menjadi angan bagi setiap orang, dan seluruhnya baru akan mereka dapatkan secara sempurna kelak di surga, mereka akan kekal dalam kenikmatan tersebut.

 

Semoga Allah menjadikan kita masuk ke dalam kelompok yang Allah gembirakan pada hari pembalasan.

Dan semoga Allah memudahkan langkah kita agar bisa masuk dalam golongan kelompok tersebut.

Share this:

Like this:

Like Loading...
%d bloggers like this: