Diantara Adab Islami

    0
    146

    عَنْ عَلِيٍّ، قَالَ: كُنْتُ رَجُلًا مَذَّاءً فَأَمَرْتُ رَجُلًا أَنْ يَسْأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، لِمَكَانِ ابْنَتِهِ، فَسَأَلَ فَقَالَ: تَوَضَّأْ وَاغْسِلْ ذَكَرَكَ

    Ali radhiyallahu ‘anhu berkata; Saya ini seorang laki-laki yang sering keluar madzi. Karena malu bertanya langsung kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang merupakan ayah dari istri saya, maka saya pun meminta seorang untuk menanyakan perihal saya ini kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Setelah menyanyakannya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; “Berwudhu dan cucilah kemaluanmu !”.

     

    Imam Ibnu Hajar berkata :

    وَفِيهِ اسْتِعْمَالُ الْأَدَب فِي ترك المواجهة بِمَا يستحيي مِنْهُ عُرْفًا وَحُسْنُ الْمُعَاشَرَةِ مَعَ الْأَصْهَارِ وَتَرْكُ ذِكْرِ مَا يَتَعَلَّقُ بِجِمَاعِ الْمَرْأَةِ وَنَحْوِهِ بِحَضْرَةِ أَقَارِبِهَا

    Diantara pelajaran adab dari hadits ini :
    1. Diantara adab yang terpuji adalah meninggalkan hal-hal yang dalam sebuah komunitas dinilai sebagai perkara yang memalukan.
    2. Diantara adab islam adalah memperbaiki komunikasi dan hubungan dengan orang tua istri.
    3. Diantara adab islami adalah tidak menyebutkan hal yang berhubungan dengan kegiatan privasinya dengan istrinya (jimak dan yang semisalnya) di hadapan keluarga sang wanita.

    Jaga perasaan istri anda !. Jangan sebarkan perkara privasi anda di kamar dengannya kepada publik !. Karena

    Malu adalah bagian dari iman.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here