Air Dan Dunia

    0
    91

    Di dalam surah Al Kahfi, ayat 45, Allah menyamakan dunia ini dengan air. Allah berfirman:

    وَٱضۡرِبۡ لَهُم مَّثَلَ ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَا كَمَآءٍ أَنزَلۡنَٰهُ مِنَ ٱلسَّمَآءِ فَٱخۡتَلَطَ بِهِۦ نَبَاتُ ٱلۡأَرۡضِ فَأَصۡبَحَ هَشِيمٗا تَذۡرُوهُ ٱلرِّيَٰحُۗ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيۡءٖ مُّقۡتَدِرًا

    “Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia sebagai air hujan yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan adalah Allah, Maha Kuasa atas segala sesuatu.”. (Al Kahfi; 45). Tentang bentuk keserupaannya, maka beberapa ulama berkata :

    1. Air itu memiliki sifat dasar mengalir dan tidak menetap pada satu tempat. Demikianlah dunia, sangat statis, bergerak dari satu orang yang merupakan penghuninya ke orang yang lainnya.
    2. 2.Air itu tidak tetap dalam satu bentuk saja. Ia selalu berubah sejalan dangan wadah yang ditempatinya. Demikianlah dunia, akan mengalami perubahan mengikuti bentuk pola hidup manusia, yang jiwanya adalah wadah bagi dunia tersebut.
    3. Air tidaklah bertahan dalam kadar yang konstan. Suatu saat ia akan hilang, mengendap atau menguap. Demikianlah dunia ini, tidaklah kekal.
    4. Semua orang yang terkena air pasti akan basah. Demikianlah dunia, ketika manusia sebagai penghuninya telah terkontaminasi dengannya, maka pasti akan membawa bekas.
    5. Air akan bermanfaat jika kadarnya tidak berlebihan. Namun jika kadar air itu berlebihan, maka ia akan menjadi bencana bagi manusia. Demikianlah dunia, selama kadar dunia yang memenuhi hati manusia itu tidak berlebihan, maka ia akan sanggup memposisikannya sebagai alat yang dapat membantunya meraih kebahagiaan. Tetapi jika berlebihan, maka ia akan sengsara sebagai budak dunia.

    Semoga Allah menjadikan kita berbahagia dengan dunia yang Ia karuniakan kepada kita. Dan semoga Ia menyelamatkan kita dari mereka yang menjadikan dunia sebagai tujuan dan obsesi tertingginya.



    Donasi Pembangunan Masjid