Alhamdulillah ‘Ala Kulli Haal (Segala Puji Bagi Allah Dalam Setiap Keadaan)

    0
    53

    Allah berfirman :

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدّين

    “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.Yang menguasai dan Maha Merajai di Hari Pembalasan.”. (Al Faatihah; 1-4)

    Diantara adab terhadap Allah adalah senantiasa memuji Nya karena Dialah sumber segala kebaikan dalam segenap keadaan.

    Dalam rangkaian ayat tersebut, seakan Allah ingin berkata:

    *) Jika seandainya kalian mengagungkan dan memuji sesuatu karena kesempurnaan dzat dan kesempurnaan sifat yang dimilikinya, maka pujilah Aku, karena Aku adalah Allah (satu-satu Nya Tuhan Yang berhak disembah)

    *) Jika kalian mengagungkan dan memuji sesuatu karena perhatian, kebaikan dan curahan pertolongannya; maka pujilah Aku, karena Aku adalah Rabb (Tuhan Yang Maha Mencipta, Mengatur, dan Memperhatikan kemaslahatan) alam semesta.

    *) Jika kalian mengagungkan dan memuji sesuatu karena harapan yang kalian gantungkan kepadanya; maka pujilah Aku, karena Aku adalah Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

    *) Jika kalian mengagungkan dan memuji sesuatu karena ketakutan dan kekhawatiran kalian kepadanya; maka pujilah Aku, karena Aku adalah Tuhan Yang Maha Menguasai dan Maha Merajai di Hari Pembalasan.

    Demikianlah kesempurnaan itu mutlak kepunyaan Allah, hingga tiada alasan bagi kita untuk tidak memuji Nya dalam segala keadaan; Alhamdulillah ‘Ala Kulli Haal.