Ancaman dan Janji Kebaikan

    0
    87

    Allah berfirman :

    يَمۡحَقُ ٱللَّهُ ٱلرِّبَوٰاْ وَيُرۡبِي ٱلصَّدَقَٰتِ

    “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah”. (Al-Baqarah: 276)

     

    Ayat ini berisi ancaman dan janji kebaikan. Demikianlah aturan ilahi terhadap seluruh perilaku manusia di muka bumi ini. Ia ciptakan segalanya berpasang-pasangan; termasuk kebaikan dan keburukan. konsekuensi dari kedua perbuatan yang berlawanan kutub itu pun berbeda. Allah berfirman :

    هَلۡ ‌جَزَآءُ ‌ٱلۡإِحۡسَٰنِ إِلَّا ٱلۡإِحۡسَٰنُ

    “Tidak ada balasan untuk kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (Ar-Rahman: 60)

    وَٱلَّذِينَ كَسَبُواْ ٱلسَّيِّـَٔاتِ ‌جَزَآءُ ‌سَيِّئَةِۭ بِمِثۡلِهَا وَتَرۡهَقُهُمۡ ذِلَّة

    “Adapun orang-orang yang berbuat kejahatan (akan mendapat) balasan kejahatan yang setimpal dan mereka diselubungi kehinaan.” (Yunus; 27)

    Sedekah adalah simbol tingginya sebuah peradaban dan moral. Di saat saudaranya membutuhkan, maka dengan sukarela ia membantu tanpa mengharap imbalan melainkan pahala dari Dzat Yang Maha Kaya. Olehnya Allah letakkan keberkahan pada hartanya dan melipatgandakannya.

    Sebaliknya riba, dia adalah simbol kekikiran dan ketamakan. Di saat saudaranya butuh bantuan, ia manfaatkan sisi lemah itu untuk merauk keuntungan yang berlipatganda. Ia tersenyum lebar di atas penderitaan saudaranya. Ia berlagak seperti orang yang membantu dan sangat berjasa, sementara saudaranya yang lemah semakin terpuruk dan menderita dengan lilitan utang yang semakin menggunung. Olehnya, tidak tanggung-tangung, Allah cabut keberkahan dari harta orang yang tamak itu dan Ia umumkan perang kepada mereka yang tidak juga mau berhenti dari perilaku jahat tersebut. Allah berfirman :

    يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَذَرُواْ مَا بَقِيَ مِنَ ٱلرِّبَوٰٓاْ إِن كُنتُم مُّؤۡمِنِينَ . فَإِن لَّمۡ تَفۡعَلُواْ فَأۡذَنُواْ ‌بِحَرۡبٖ مِّنَ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِ

    Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang beriman. Jika kamu tidak melaksanakannya, maka umumkanlah perang dari Allah dan Rasul-Nya. (Al Baqarah; 278-279)