Basmalah dan Ta’awwudz Ketika Shalat

    0
    150
    Pertanyaan :

    Apakah diharuskan membaca bismillahirrahmanirrahim setelah selesai (membaca) Al-Fatihah, langsung saat mulai membaca surat? Bagaimana kalau dimulai dari pertengahan surat, baik di rakaat pertama atau di rakaat selanjutnya ?. Dan bagaimana pula dengan membaca ta’awwudz ?

    Jawaban   :

    Membaca ta’awwudz diperintahkan sebelum membaca Al Quran; baik di luar shalat maupun di dalam shalat, dan baik pada rakaat pertama ataupun pada rakaat selanjutnya. Allah berfirman :

    فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

    Maka apabila engkau (Muhammad) hendak membaca Al-Qur’an, mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk. (An Nahl; 98)

    Adapun membaca basmalah, maka hukum membacanya di luar shalat adalah sunnah mengawali bacaan surah kecuali surah At Taubah, maka tidak disyari’atkan. Olehnya, jika surah yang akan dibaca setelah Al Faatihah dimuali dari awal surah, maka disunnahkan memulainya dengan basmalah. Adapun jika surah yang akan dibaca itu tidak dimulai dari awal surah, maka tidak dianjurkan mengawalinya dengan basmalah.

    Khusus untuk surah Al Faatihah ketika shalat, maka menurut pendapat yang lebih tepat bahwa hukum membaca basmalah ketika itu adalah wajib, baik shalat sendiri maupun shalat berjama’ah.

     

    Wallahu a’lam bis shawaab.

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here