Bertaubat Dari Ghibah

    0
    269
    Pertanyaan :

    Bagaimana cara bertaubat dari dosa berupa ghibah ?

    Jawaban :

    Ghibah adalah diantara seburuk-buruk kesalahan yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain. Di dalam Al Quran, surah Al Hujuraat, ayat; 12, digambarkan bahwa mereka yang melakukan ghibah ibarat seorang yang memakan bangkai saudaranya. Olehnya wajib bagi setiap muslim untuk menjauhkan dirinya dari perbuatan tercela ini.

    Tentang cara bertaubat dari dosa jenis ini, maka ada selisih pendapat diantara para ulama ;

    *) Diantara mereka ada yang berpendapat ; sang pelaku harus pergi menemui korban ghibah untuk menyatakan penyesalannya dan memohon pemaafannya.

    *) Dan sebagian ulama lainnya merincikan masalahnya dengan perincian sebagai berikut;

    Jika sang korban tersebut sudah mengetahui ghibah/gunjingan yang dilakukan kepadanya itu, maka sang pelaku harus pergi menemuinya dan memohon maaf kepadanya.

    Tetapi jika dia belum mengetahui hal itu, maka sang pelaku tidak perlu menemuinya untuk meminta maaf secara langsung. Namun cukup baginya mohonkan kepada Allah Taala agar Allah Taala mengampuni dosa-dosa sang korban dan menyebut kebaikan-kebaikannya di tempat-tempat atau majelis-majelis dimana sang pelaku itu telah menggunjingnya.

    Dan pendapat kedua inilah yang lebih tepat, yaitu ketika perbuatan ghibah yang dilakukan oleh seseorang belum diketahui oleh korban, maka cara memperbaiki kesalahan tersebut cukup dilakukan dengan menyebutkan tentang kebaikan-kebaikan sang korban ditempat-tempat/majelis-majelis dimana sang pelaku mengghibahinya, dan hendaknya sang pelaku memohon kepada Allah Taala agar Allah mengampuni dosa-dosa orang itu, dengan mengatakan :

    الّلهُمَّ اغْفِرْ لَهُ      

    “Ya Allah ampunilah dosa-dosa (orang yang telah saya ghibah itu). “.

     

    Wallahu alam bisshowab

     

    ✍️ Penulis : Ustadz Abul Mauludi

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here