Debat, Bolehkah ?

    0
    69

    Pertanyaan :

    Assalamu’alaikum admin, ingin bertanya; Bagaimana hukum berdebat dalam Islam? Bagaimana jika ada lomba debat ilmiah untuk pelajar / mahasiswa di mana isu yang dibahas berupa isu lingkungan, ekonomi, dll ?      

    Jawaban :

    Allah berfirman;

    ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

    “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah (debat atau diskusilah dengan) mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”. (An Nahl; 125)

    Dari ayat ini dipahami bahwa diskusi, termasuk di dalamnya debat, adalah satu diantara cara yang dibenarkan oleh agama untuk menyatakan pendapat –secara umum- dan secara khusus adalah satu diantara metode dakwah.

    Untuk itu maka debat dalam perkara-perkara ilmiyyah untuk menyimpulkan sesuatu yang bermanfaat atau debat yang dilakukan dalam lomba-lomba debat ilmiyyah adalah hal positif untuk menumbuhkan sifat kritis, semangat kerjasama, saling menghargai, dan musyawarah untuk mencapai sebuah kemufakatan.

    Adapun debat yang terlarang adalah debat kusir. Debat yang tidak memiliki panduan jelas dan atau tidak dipandu oleh pihak yang berkompeten. Debat semacam ini hanyalah akan membuang-buang waktu seseorang, mengeraskan hati dan sangat berpotensi menimbulkan permusuhan dan kebencian. Olehnya agama memerintahkan seorang meninggalkan debat semacam ini, dan bahkan meski ia berhak untuk mendebat mereka yang meniatkan hal-hal negatif.

    Wallahu a’lam bis shawaab.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here