Diantara adab makan dan minum

    0
    91

    Agama Islam adalah agama yang sempurna, mengatur seluruh sendi kehidupan manusia. Diantara hal yang diatur dalam agama ini adalah masalah adab dalam beraktivitas, termasuk di dalamnya ketika makan. Maka diantara adab makan yang diajarkan dalam agama ini adalah :

    1. Mulai makan dengan mengucapkan basmalah dan mengakhirinya dengan hamdalah (doa).

    2. Hendaknya sedikit mengangkat suara ketika membaca basmalah diawal makan atau munum untuk mengajak orang lain dan mengingatkannya agar juga membaca basmalah.

    3. Adapun membaca hamdalah, hendaknya seorang tidak mengeraskan suaranya kecuali jika seluruh orang yang turut makan bersamanya telah juga selesai dari makannya.

    Disunnahkan membaca doa berikut ketika membaca hamdalah usai makan :

    الحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ، غَيْرَ مَكْفِيٍّ وَلاَ مُوَدَّعٍ وَلاَ مُسْتَغْنًى عَنْهُ، رَبَّنَا

    “Segala puji bagi Allah, puji-pujian yang banyak baik lagi berkah, puji-pujian yang tidak akan terhingga dan cukup dari segala nikmat dan karuniNya.”. (Hadits dari Abu Umaamah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca doa ini ketika selesai makan, sebagaimana disebutkan dalam shahih Bukhari) .

    Doa lainnya adalah :

    الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنِي هَذَا، وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي، وَلَا قُوَّةٍ

    “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makanan ini untukku. Ia telah mengaruniakannya kepadaku tanpa daya dan kekuatan dariku.”. (Hadits ini diantaranya diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah. Di dalamnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; barangsiapa yang membacanya setelah makan, niscaya Allah akam mengampuni dosanya yang terdahulu).

    4. Bagi yang lupa membaca basmalah maka hendaknya mereka mengucapkan;

    بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

    “Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya.”. (HR. Abu Daud)

    5. Diperintahkan makan dengan tangan kanan dan tidak boleh menggunakan tangan kiri. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam shahih Muslim ;

    إِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ

    “Sesungguhnya syaithan makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kiri.”.

    6. Ketika makan, hendaknya mengambil makanan yang berada dekat dan tidak mengambil makanan yang berada jauh hingga mengganggu orang lain. Kecuali jika jenis makanan itu tidak terdapat didekatnya, maka tidak mengapa mengambilnya, dengan tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Demikianlah nasehat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Umar bin Abi Salamah ketika usia anak-anak , tangannya meraih makanan yang berada di tempat yang jauh. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

    يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيك

    “Wahai anak kecil, ucapkanlah basmalah ketika makan, pergunakanlah tangan kanan ketika makan, dan raihlah makanan yang berada di dekatmu.”. (HR. Bukhari)

    7. Dianjurkan makan dengan menggunakan 3 buah jari. (HR. Ahmad)

    8. Kadar makanan yang direkomendasikan adalah sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk udara. (HR. Ahmad)

    9. Tidak dibenarkan makan secara berlebihan. Allah berfirman :

    وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

    “Makan dan minumlah kalian, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak senang kepada orang yang berlebih-lebihan.”. (Al A’raaf; 31)

    10. Tidak dibenarkan makan dan minum dalam keadaan bertelekan.  Rasaulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

    لاَ آكُلُ وَأَنَا مُتَّكِئٌ

    “Aku tidak makan dalam keadaan bersandar. (HR. Bukhari)

    11. Ketika makan dan minum, tidak dibenarkan meniup dalam gelas atau dalam tempat makan. (HR. Muslim)

    12. Disunnahkan mengajak orang lain untuk ikut makan bersama, dan tidak makan sendiri. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

    طَعَامُ الِاثْنَيْنِ كَافِي الثَّلَاثَةِ وَطَعَامُ الثَّلَاثَةِ كَافِي الْأَرْبَعَةِ

    Diantara adab makan dan minum

    Demikian beberapa adab yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika makan. Semoga Allah memperindah fisik kita dengan kemuliaan budi pekerti dan tutur kata yang santun. Semoga Ia senantiasa mengarahkan kita kepada akhlak islami nan mulia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here