Hidup Aman, Wafat Selamat

    0
    67
    1. Shalat subuh

    Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

    من صلى الصبح فهو في ذمة الله

    “Barangsiapa shalat subuh maka sungguh dia itu akan berada dalam perlindungan Allah.”. (HR. Muslim).

    Maksudnya bahwa Allah secara khusus mengharamkan seorang berlaku dzhalim kepada mereka yang menjaga pelaksanaan shalat subuh. Jika ada seorang yang mendzhaliminya, niscaya Allah akan mengqishashnya; orang yang berbuat dzhalim itu akan membayarnya untuk mengembalikan hak yang telah ia dzhalimi. (Baca di : sini )

    1. Membaca Ayat Kursi

    Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

    من قرأ آية الكرسي دُبر كل صلاةٍ مكتوبة لم يمنعه من دخول الجنة إلا أن يموت

    “Barangsiapa membaca ayat kursi setelah shalat lima waktu, tidaklah ada yang akan menghalanginya masuk surga kecuali kematian.”. (HR. Nasaai)

    1. Membaca Dzikir Berikut Di Waktu Pagi dan Petang :

    اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لاَ إلهَ إلاَّ أنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ ، وأبُوءُ بِذَنْبِي ، فَاغْفِرْ لِي ، فَإنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلاَّ أنْتَ

    Ya Allah sesungguhnya Engkau adalah Rabb-ku, Tiada Ilah kecuali Engkau, Engkau telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu, aku akan berusaha memenuhi janji-janjiku kepada-Mu sekuat tenagaku, aku berlindung kepada-Mu dari apa perbuatan jelekku, aku mengakui akan nikmat-Mu yang Engkau berikan kepadaku dan aku mengakui juga atas dosa yang pernah aku perbuat, maka ampunilah diriku, sesungguhnya tiada yang mampu mengampuni dosa kecuali Engkau ya Allah.

    Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa membacanya di pagi hari dengan penuh keyakinan, lantas ia meninggal sebelum sore hari, niscaya ia akan menjadi penduduk surga. Demikianlah bagi yang membacanya dengan penuh keyakinan di malam hari, lantas ia meninggal sebelum tiba waktu pagi, niscaya ia akan menjadi penduduk surga.”. (HR. Bukhari)

    1. Membaca Dzikir Berikut Di Waktu Pagi dan Petang :

    بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

    Dengan nama Allah yang tidak ada yang dapat mencelakai bersama nama-Nya apapun yang ada di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

    Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa membacanya di waktu pagi dan petang sebanyak tiga kali, niscaya ia akan terhindar dari bencana yang terjadi secara tiba-tiba. (HR. Abu Daud)

    Demikian diantara amalan yang dapat menyampaikan seorang pada hidup aman, wafat selamat. Semoga Allah ta’ala senantiasa mengaruniakan kepada kita kebaikan di dunia dan di akhirat.