Ingatlah Akan Usiamu

Mungkin setiap hari ada saja rekan atau kerabat kita yang melahirkan.

Setiap kali itu juga, kita ucapkan doa kepadanya, yang diantara kutipannya ;

وبلغ أشده

“Semoga usianya sampai pada fase kematangan (panjang umur dan berkah).”.

Fase kematangan, usia berapakah itu ?.

Diantaranya ada yang berkata: usia 40 tahun. Diantara indikatornya bahwa pada usia itulah Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam diangkat sebagai nabi.

Tentang mereka yang usianya telah mencapai 40 tahun, Allah berfirman ;

وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. (Al Ahqaaf; 15)

Satu diantara pesan yang mungkin dapat ditangkap melalui ayat ini adalah peringatan bagi mereka yang telah mencapai usia 40 tahun agar mereka lebih menyiapkan bekal untuk fase kehidupan selanjutnya.

“… sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. (Al Ahqaaf; 15)

👉 Perbanyaklah bersyukur

👉 Perbanyak berdoa agar dimudahkan dan dikokohkan dalam amal shaleh

👉 Perbanyak beroda dikokohkan dalam hidayah dan dianugrahkan kebaikan (untuk diri dan keluarga)

👉 Perbanyaklah bertaubat kepada Allah, Dzat Yang Maha Menerima Taubat.

Wahai engkau yang telah mencapai usia itu bersyukurlah masih diberi kesempatan untuk memperbaiki diri dan memperbanyak bekal. Tidak sedikit dari mereka yang memanggilmu kakak, abang, paman atau bahkan ayah telah pergi mendahuluimu.

Wahai engkau yang telah mencapai usia itu, sadarlah sebelum kesadaran itu tidak lagi akan bermanfaat.

Semoga kita semua dikumpulkan oleh Allah di dalam surga Nya yang tertinggi, surga Firdaus; berjumpa dengan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, memandang wajah Rabb Yang Maha Mulia lagi Maha Penyayang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: