Islam Agama Universal

0
428

Islam agama universal, tidak ada agama yang benar di sisi Allah melainkan Islam sendirinya. Islam itu adalah satu-satunya agama yang Allah ridhai bagi penduduk langit dan bumi. Islam itu adalah nikmat terbesar dan paling agung. Islam itu adalah agama yang dianut oleh seluruh nabi dan rasul. Tidaklah Allah mengangkat dan mengutus satupun Rasul melainkan dengan membawa agama ini untuk disampaikan ke ummat mereka. Allah berfirman tentang nabi Nuh ‘alaihissalaam :

وَأُمِرْتُ أَنْ أَكُونَ مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Dan aku diperintah agar aku termasuk golongan orang-orang Muslim.” (Yunus; 72). Allah berfirman tentang nabi Ibrahim ‘alaihissalaam :

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَاهِيمُ الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَإِسْمَاعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ (127) رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Dan (ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan pondasi Baitullah bersama Ismail, (seraya berdoa), “Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang muslim, dan anak cucu kami (juga) umat yang muslim (berserah diri) kepada-Mu). (Al Baqarah; 127-128). Allah berfirman tentang nabi Ya’quub ‘alaihissalaam :

أَمْ كُنْتُمْ شُهَدَاءَ إِذْ حَضَرَ يَعْقُوبَ الْمَوْتُ إِذْ قَالَ لِبَنِيهِ مَا تَعْبُدُونَ مِنْ بَعْدِي قَالُوا نَعْبُدُ إِلَهَكَ وَإِلَهَ آبَائِكَ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ إِلَهًا وَاحِدًا وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ

Apakah kamu menjadi saksi saat maut akan menjemput Yakub, ketika dia berkata kepada anak-anaknya, “Apa yang kamu sembah sepeninggalku?” Mereka menjawab, “Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu yaitu Ibrahim, Ismail dan Ishak, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami adalah orang-orang muslim (hanya berserah diri) kepada-Nya. (Al Baqarah; 133). Islam adalah agama nabiullah Musa ‘alaihissalaam. Allah berfirman tentang nabi Musa ‘alaihissalaam :

وَقَالَ مُوسَى يَاقَوْمِ إِنْ كُنْتُمْ آمَنْتُمْ بِاللَّهِ فَعَلَيْهِ تَوَكَّلُوا إِنْ كُنْتُمْ مُسْلِمِينَ

Dan Musa berkata, “Wahai kaumku! Apabila kamu beriman kepada Allah, maka bertawakallah kepada-Nya, jika kamu benar-benar orang Muslim (berserah diri). (Yunus; 84). Islam adalah agama nabi Isa ‘alaihissalaam. Allah berfirman :

فَلَمَّا أَحَسَّ عِيسَى مِنْهُمُ الْكُفْرَ قَالَ مَنْ أَنْصَارِي إِلَى اللَّهِ قَالَ الْحَوَارِيُّونَ نَحْنُ أَنْصَارُ اللَّهِ آمَنَّا بِاللَّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ

Maka ketika Isa merasakan keingkaran mereka (Bani Israil), dia berkata, “Siapakah yang akan menjadi penolong untuk (menegakkan agama) Allah?” Para Hawariyyun (sahabat setianya) menjawab, “Kamilah penolong (agama) Allah. Kami beriman kepada Allah, dan saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang Muslim. (Ali Imraan; 52). Islam adalah agama nabiullah Yusuf ‘alaihissalaam. Allah berfirman tentang perkataan Beliau ‘alaihissalaam :

رَبِّ قَدْ آتَيْتَنِي مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِي مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَنْتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kekuasaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian takwil mimpi. (Wahai Tuhan) pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang yang saleh. (Yusuf; 101). Islam adalah agama nabiullah Sulaiman ‘alaihissalaam. Allah berfirman tentang pernyataan ratu Balqis :

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (30) أَلَّا تَعْلُوا عَلَيَّ وَأْتُونِي مُسْلِمِينَ

Bilqis berkata,  Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, janganlah engkau berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang muslim (berserah diri). (An Naml; 30-31). Islam itu adalah agama yang dianut oleh Jin yang taat kepada Allah. Allah berfirman :

وَأَنَّا مِنَّا الْمُسْلِمُونَ وَمِنَّا الْقَاسِطُونَ فَمَنْ أَسْلَمَ فَأُولَئِكَ تَحَرَّوْا رَشَدًا (14) وَأَمَّا الْقَاسِطُونَ فَكَانُوا لِجَهَنَّمَ حَطَبًا

Dan di antara kami ada (jin) yang Islam dan ada yang menyimpang dari kebenaran. Siapa yang Islam, maka mereka itu telah memilih jalan yang lurus. Dan adapun yang menyimpang dari kebenaran, maka mereka menjadi bahan bakar bagi neraka Jahanam. (Al Jinn; 14-15). Islam adalah agama penutup yang di emban oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada seluruh manusia hingga hari kiamat. Dia adalah agama terakhir sebagai pelengkap dari seluruh syari’at sebelumnya. Allah berfirman :

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu. (Al Maaidah; 3).

Demikianlah Islam satu-satunya agama universal. Tidak ada agama yang benar di sisi Allah melainkan Islam sendirinya. Allah berfirman :

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Dan barangsiapa mencari agama selain Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang yang rugi. (Ali Imraan; 85)

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ

Sesungguhnya agama di sisi Allah hanyalah Islam. (Ali Imraan; 19)

Olehnya, sudah sepantasnya bagi setiap muslim bersyukur kepada Allah yang telah menetapkan hatinya di dalam Islam. Dan tanda terbesar dari kesyukuran itu adalah dengan senantiasa memelihara Islam yang telah Allah karunikan bagi dirinya, dengan mempelajarinya dan dengan berusaha mengamalkan Islam secara kaffah di dalam kehidupannya.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here