Mau Selamat?, Bersedekahlah !

    0
    65

    Ketika mendengar kata “Neraka”, Apa yang langsung muncul dalam benak kita ?.

    • Takut ? Pasti !
    • Berharap agar tidak termasuk kedalam ahli neraka ? Pasti !
    • Berdoa agar terhindar dari azab neraka ? Pasti !

    Kita semua pasti sepakat dengan jawaban dari pertanyaan di atas. Karena tidak ada seorang pun yang ingin dicampakkan kedalam pedihnya azab neraka. Setiap kita pasti menginginkan hal yang sama yaitu masuk surga Allah Ta’ala. Namun, pernahkah terbersit dalam pikiran kita tentang amalan-amalan yang disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam agar kita terhindar dari siksa neraka ?.

    Ya, salah satu amalan yang bisa menyelamatkan kita dari neraka ialah amalan sedekah. Dalam sebuah hadits yang shahih, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

    اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَة

    Artinya : “Selamatkan diri kalian dari neraka meskipun dengan sebiji kurma “. (HR.Bukhari)

    Bersedekah dengan hanya sebiji kurma bisa menyelamtkan seseorang dari neraka?. Ya, demikianlah yang disampaikan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

    Mudah bukan ? .Lalu tunggu apalagi?. Masih ragu untuk bersedekah?. Oke, berikutnya simaklah hadits berikut :

    عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الخُدْرِيِّ، قَالَ: خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي أَضْحَى أَوْ فِطْرٍ إِلَى المُصَلَّى، فَمَرَّ عَلَى النِّسَاءِ، فَقَالَ: يَا مَعْشَرَ النِّسَاءِ تَصَدَّقْنَ فَإِنِّي أُرِيتُكُنَّ أَكْثَرَ أَهْلِ النَّار

    Artinya : “ Dari Abu Sa’id Al Khudriy berkata : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pergi ke tempat shalat pada saat idul fitri atau idul adha, lalu beliau berjalan melewati para wanita seraya bersabda : “Bersedekahlah kalian wahai para wanita karena sesungguhnya Allah telah memperlihatkan kepadaku bahwa kalian ( para wanita) kelak adalah orang yang paling banyak masuk ke dalam neraka”. (HR.Bukhari)

    Dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa sesaat sebelum Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan kepada para wanita bahwa mereka adalah golongan yang paling banyak masuk ke dalam neraka, terlebih dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan mereka untuk bersedakah. Maka salah satu point penting atau faedah yang dapat kita ambil dalam hadits tersebut bahwa sedekah dapat menyelamatkan seseorang dari azab neraka.

    Olehnya, sudahkah kita yakin kalau sedekah bisa menyelamatkan kita dari neraka?. Kalau sudah yakin, tunggu apalagi?. Yuk, segera galakkan sedekah dan semangat untuk berbagi!!

     

    Baarakallahufiikum

     

    ✒️ Penulis : Ustadz Rafael Afrianto,  Lc

    Tim Rubrik Kajian Ilmiyah Al Binaa Menyapa

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here