Memajang Ayat Kursi Untuk Mengusir Jin

Pertanyaan :

Bolehkah menempelkan di dinding tulisan kaligrafi ayat kursi misalnya untuk mengusir jin?

Jawaban :

Telah disebutkan pada jawaban dari pertanyaan sebelum ini bahwa fungsi utama dari Al Quran itu adalah petunjuk hidup bagi seluruh manusia.

Al Quran sendiri berasal dari akar kata qara’a yang berarti membaca, sedangkan Al Quran berarti yang dibaca. Nah dari titik inilah Al Quran itu dapat difungsikan :

  1. Dibacakan untuk menjadi obat segala penyakit hati
  2. Dibacakan untuk menjadi obat dari penyakit badan
  3. Dibacakan untuk melindungi manusia dari kejahatan jin dan manusia.

Adakah para ulama memajang tulisan Al Quran untuk dijadikan sebagai pelindung dari kejahatan jin ?. Tidak ditemukan satupun keterangan tentang hal tersebut. Bahkan ada keterangan yang menyebutkan larangan memakai atau mengalungkan Al Quran untuk melindungi diri dari gangguan jin atau untuk pengobatan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

‌إِنَّ ‌الرُّقَى، ‌وَالتَّمَائِمَ، ‌وَالتِّوَلَةَ ‌شِرْكٌ    

“Sesungguhnya ruqyah (dengan menggunakan kata-kata yang tidak dipahami artinya atau dilarang dalam agama), tamiimah (membawa atau mengalungkan jimat) dan tiwalah (sesuatu yang dibuat dengan anggapan bahwa hal tersebut dapat menjadikan seorang istri mencintai suaminya, atau seorang suami mencintai istrinya) adalah termasuk perbuatan syirik.”. (HR. Ahmad). Dalam hadits ini ada larangan menggunakan tamiimah, dan sifat larangan itu berlaku secara umum, baik dengan menggunakan selain Al Quran atau dengan menggunakan Al Quran. Demikianlah yang dinyatakan oleh para ulama sebagaimana dinyatakan oleh Ibrahim An Nakha’ie rahimahullah :

كَانُوا ‌يَكْرَهُونَ ‌التَّمَائِمَ ‌كُلَّهَا، مِنَ الْقُرْآنِ وَغَيْرِ الْقُرْآنِ

 “(Abdullah bin Mas’ud beserta para sahabat dan murid-muridnya) melarang tamiimah, baik dengan menggunakan Al Quran atau dengan menggunakan selainnya.”. (HR. Ibnu Abi Syaibah)

Olehnya untuk melindungi diri dari kejahatan jin lakukanlah dengan cara-cara yang dituntunkan oleh para ulama, diantaranya dengan membaca Al Quran atau dengan membaca dzikir pagi dan petang, dan yang semisal dengan itu.

 

Wallahu a’lam bis shawaab

 

Untuk detailnya lihat ini dan ini

 

You may also like...

%d bloggers like this: