Membaca Al Quran Bagi Wanita Haid

    0
    163
    Pertanyaan :

    Assalamu alaikum …. Ustad mau tanya tentang hukum wanita haid membaca Al Quran ?

    Jawaban :

    Ada perbedaan pendapat ulama dalam masalah ini; sebagian melarang dan sebagian lagi membolehkan. Namun pendapat yang in sya Allah lebih tepat adalah pendapat yang membolehkan wanita haid membaca, tanpa menyentuh mushaf Al Quran.

    Adapun menyentuh mushaf Al Quran bagi mereka yang berhadats kecil maupun besar, maka para imam yang empat telah sepakat menyatakan tidak boleh.

    Diantara dasar dibolehkannya wanita haid membaca Al Quran tanpa menyentuh mushaf adalah hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha yang ketika hendak haji bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kedatangan haid. Hal itu membuat beliau sedih karena khawatir akan berpengaruh pada ibadah haji yang akan dilaksanakannya. Mengetahui itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Aisyah radhiyallahu ‘anha;

    إِنَّ هَذَا أَمْرٌ كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَى بَنَاتِ آدَمَ، فَاقْضِي مَا يَقْضِي الحَاجُّ، غَيْرَ أَنْ لاَ تَطُوفِي بِالْبَيْتِ

    “(Tidak usah bersedih) sesungguhnya haid itu adalah keadaan lumrah yang telah menjadi ketetapan Allah kepada seluruh wanita. Olehnya, laksanakanlah seluruh yang dilaksanakan oleh mereka yang berhaji kecuali thawaf.”. (HR. Bukhari). Hadits ini menunjukkan bahwa wanita haid boleh melakukan seluruh aktivitas orang yang tengah berhaji, termasuk membaca Al Quran, kecuali thawaf.

    Alasan lainnya bahwa keadaan seorang muslim yang tidak sedikitpun berinteraksi dengan Al Quran dalam sehari adalah kondisi yang sangat tidak ideal. Bila dinyatakan bahwa wanita haid tidak boleh membaca Al Quran selama masa haid, hal itu tentu akan menjadikannya tidak sama sekali bisa berinteraksi langsung dengan Al Quran berhari-hari (biasanya tujuh hari dan paling lama 15 hari). Sekali lagi, tentu keadaan ini sangat tidak ideal bagi seorang muslim. Maka atas dasar dua alasan di atas –diantaranya-; sebagian ulama berpandangan bahwa membaca wanita haid tetap dapat membaca Al Quran tanpa menyentuh mushaf.

    Wallahu a’lam bis shawaab