Mendengar Murattal Dengan Headset Bluetooth Di Kamar Mandi

    0
    109
    Pertanyaan :

    Apa hukum dengarin murottal pakai headset bluetooth sambil membersihkan kamar mandi itu boleh apa tidak boleh? Syukron jazakumullahu khairan

    Jawaban :

    Jika kamar mandi yang dimaksud adalah kamar mandi yang tidak menjadi satu dengan tempat buang air (toilet) maka tidak mengapa.

    Tetapi jika kamar mandi itu sepaket dengan toilet, maka tidak boleh mendengar Al Quran di dalamnya dengan menggunakan headset Bluetooth, sama dengan memasang speaker eksternal di dalam toilet untuk mendengar murattal.

    Adapun jika speaker itu dipasang di luar toilet dan suaranya terdengar oleh orang yang berada di dalam toilet, maka tidaklah mengapa.

    Dan hal yang wajib dipahami oleh seluruh kaum muslimin bahwa Al Quran adalah kalaamullah (firman / perkataan Allah). Allah memuliakannya, maka wajib bagi setiap muslim untuk juga memuliakannya. Allah berfirman :

    إِنَّهُۥ لَقُرۡءَانٞ كَرِيمٞ  فِي كِتَٰبٖ مَّكۡنُونٖ  لَّا يَمَسُّهُۥٓ إِلَّا ‌ٱلۡمُطَهَّرُونَ  تَنزِيلٞ مِّن رَّبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ

    “Dan (ini) sesungguhnya Al-Qur’an yang sangat mulia, dalam Kitab yang terpelihara (Lauh Mahfuzh), tidak ada yang menyentuhnya selain hamba-hamba yang disucikan. Diturunkan dari Tuhan seluruh alam.”. (Al Waaqi’ah; 77-80)

    Untuk referensi, silahkan kunjungi link ; satu, dua dan tiga