Mengapa Tidak Berinfak ?

Allah berfirman ;

أَلَمْ يَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ هُوَ يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ وَيَأْخُذُ الصَّدَقَاتِ

“Tidaklah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima (yaqbal) taubat dari hamba-hamba-Nya dan mengambil (ya’khudz) seluruh sedekah?.”. (At Taubah; 104)

Pernahkah anda membayangkan jika sekiranya suatu waktu ada edaran sumbangan di kantor anda. Jumlah tarikannya tidak besar dan pimpinan perusahaan yang langsung memungut dan mencatatnya. Kiranya bagaimanakah sikap anda ?. Adakah anda akan memberikan sumbangan itu atau anda memilih untuk tidak menyumbang ?.

Terkadang, seorang enggan berinfak ketika mindset nya bahwa yang menerimanya adalah pihak yang membutuhkan dan tidak berdaya. “Tersera saya dong, mau berinfak atau tidak, bukan urusanmu”, mungkin itulah gambaran ekstrim dari mindset yang ada pada sebagian orang.

Tetapi mindset itu seketika akan berubah jika yang memintanya justru adalah pihak yang tidak membutuhkannya, bahkan kitalah yang butuh akan penilaiannya.

Dalam ayat yang telah dibawakan;

*) Ketika berbicara tentang taubat, Allah gunakan kata “yaqbal” yang berarti menerima; Dia menerima taubat hamba-hamba Nya

*) Namun ketika berbicara tentang perintah bersedekah, Allah gunakan kata “ya’khudz”, yang berarti mengambil dan memungut; Dialah yang langsung menerima, memungut dan mengambil sedekah-sedekah itu.

Nah jika demikian, seharusnya mindset seorang muslim terkait dengan perintah bersedekah bahwa “Sedekah itu adalah kebutuhan pihak yang mengeluarkannya, sebelum ia merupakan kebutuhan orang miskin yang berhajat. Kita butuh akan penilaian Allah, Dzat Yang tidak membutuhkan sedekah kita itu lebih dari hajat orang miskin terhadap sedikit harta yang kita berikan kepada mereka.“.

Semoga dengan membangun mindset seperti ini akan memotivasi kita untuk lebih semangat berinfak dan berbagi kepada saudara-saudara kita. “Sesungguhnya Allah akan terus menolong dan membantu hamba Nya, yang terus menolong dan membantu hajat saudaranya.”. (HR. Muslim).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: