Ormas Islam, Salafy ?

    0
    146
    Pertanyaan :

    Assalamu’alaikum ustadz, sebenarnya yang disebut ahlussunnah; ada wahabi, ada salafi, ada muhammadyah, ada NU, dll ?

    Jawaban :

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa bani Israail akan terpecah menjadi 72 golongan dan ummatku (ummat Muhammad) akan terpecah menjadi 73 golongan. Rasulullah bersabda bahwa seluruh golongan tersebut akan masuk neraka, kecuali satu golongan saja. Ketika ditanya, “Siapa golongan yang selamat itu wahai Rasulullah ?.”. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

    مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِي

    “Mereka itu adalah orang-orang yang beragama sebagaimana cara yang telah Aku tempuh dan yang telah ditempuh oleh para sahabtku.”. (HR. Tirmidzi)

    Dalam riwayat lain, ketika menjelaskan satu golongan yang selamat ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

    وهي الجماعة

    “Golongan itu adalah al jama’ah.”. (HR. Abu Daud). Mereka itu adalah jama’ah (kelompok) yang senantiasa tegar di atas sunnah (petunjuk) Rasulullah. Mereka itulah yang dinamakan sunni (pengikut sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam). Mereka itulah yang disebut ahlus sunnah wal jama’ah (pengikut sunnah yang senantiasa berada dalam jama’ah atau kelompok yang benar).

    Adapun organisasi-organisasi keagamaan yang berkembang di negara kita, seperti NU, Muhammadiyyah, dan lain-lain; maka seluruhnya adalah ahlussunnah wal jama’ah karena memenuhi kriteria yang telah diuraikan tadi in sya Allah.

    Wallahu a’lam bis shawaab

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here