Shalat Syuruq

    0
    45

    Pertanyaan :

    Apa yang dimaksud dengan shalat syuruq dan adakah perbedaan antara shalat ini dengan shalat dhuha ?

    Jawab :

    Shalat syuruq adalah shalat sunnah yang dilakukan ketika matahari telah naik kira-kira sekitar satu tombak kecil (kurang lebih 15 menit setelah terbitnya matahari). Waktu itu adalah awal berakhirnya waktu terlarang melaksanakan shalat setelah shalat fajar.

    Shalat ini adalah merupakan bagian dari shalat dhuha, yaitu jika dikerjakan setelah naiknya matahari sekitar satu tombak. Adapun jika dikerjakan beberapa waktu setelah itu (telah siang), maka dinamakan shalat dhuha (dan tidak lagi dinamakan syarat syuruq).

    Tentang keutamaan shalat syuruq, maka Rasulullah -shallallahu álaihi wa sallam- bersabda; “Barangsiapa melaksanakan shalat subuh berjamaáh, kemudian ia duduk berdzkir hingga matahari terbit. Lantas setelahnya, ia melaksanakan shalat dua rakaat; maka baginya pahala seperti pahala seorang yang haji dan umrah.”. (HR. Tirmidzi)

    Tentang jumlah rakaat shalatnya; paling minimal dilaksanakan sebanyak 2 rakaat dan maksimalnya sebanyak 8 rakaat. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa jumlah maksimal rakaatnya adalah 12 rakaat.

    Dan tidak ada bacaan surah khusus pada setiap rakaatnya (sama dengan pelaksanaan shalat yang biasanya).

    Lihat di :  sini

    Wallahu a’lam bisshawab

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here