Tanda Bekas Sujud

Pertanyaan :

Diantara ciri orang-orang beriman pengikut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah sebagaimana deskripsi Allah tentang mereka;

‌سِيمَاهُمۡ فِي وُجُوهِهِم مِّنۡ أَثَرِ ٱلسُّجُودِۚ

Pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud. (Al Fath; 29). Apa yang dimaksud dengan tanda pada wajah sebagaimana yang disebutkan dalam ayat ini ?

 

Jawab :

Tanda yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah ketawadhuan, kekhusyuan, muka yang berseri-seri dan wibawa yang akan tampak pada wajah seorang yang baik interaksinya dengan Allah, sering melaksanakan shalat.

Bisa juga bahwa tanda yang dimaksud adalah raut wajah seorang ketika menghabiskan waktu malamnya dengan shalat (tidak tidur melainkan waktu yang singkat).

Ada juga yang menyatakan bahwa tanda yang dimaksud adalah debu atau butiran-butiran pasir yang masih lekat dan terlihat pada dahi mereka selepas melaksanakan shalat.

Demikianlah beberapa penafsiran tentang tanda yang dimaksud dalam ayat tersebut, sebagaimana disimpulkan dari tafsir Ibnu Katsir rahimahullah, dan kitab-kitab tafsir lainnya.

Lantas bagaimana dengan tanda hitam yang terkadang tampak di jidat seseorang ?.

Menjawab pertanyaan itu, Mujahid rahimahullah pernah berkata tentang tanda yang dimaksud dalam ayat ini adalah khusyu. Lantas ada seorang yang berkata ;

ما كنت أراه إلا هذا الأثر في الوجه

“Menurut saya, tanda itu adalah bekas yang berada di wajah (jidat) seseorang”. Menanggapi pernyataan itu, Mujahid rahimahullah berkata;

ربما بين عيني من هو أقسى قلباً من فرعون

“Bekas seperti itu -bahkan- bisa saja terlihat di antara dua mata seorang yang hatinya lebih keras dari Fir’aun”. Artinya bahwa bekas seperti itu bukanlah merupakan tanda yang dimaksudkan dalam ayat tersebut.

Adapun bila tanda seperti itu tampak pada wajah seorang yang sering shalat, maka hal itu mungkin berpulang pada tempat ia sujud dan karakter kulit yang dimilikinya. Namun bukanlah bekas seperti itu yang dimaksud dalam ayat tersebut.

 

Wallahu a’lam bis shawaab

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: