Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لا ضرر ولا ضرار

” Tidak boleh memberikan mudhorot (bahaya) tanpa sengaja/maksud, dan tidak boleh juga melakukannya dengan sengaja/maksud.”. (Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan yang lainnya, dan dishohihkan oleh Syeikh Albani).

Hadits ini sarat dengan pelajaran penting bagi kaum muslimin. Pelajaran penting itu -diantaranya- menjelaskan beberapa permasalahan berkenaan dengan pertanyaan yang banyak membuat orang bingung saat ini, terkait dengan adanya fatwa ulama untuk tidak melaksanakan shalat di masjid secara berjama’ah . Diantara pelajaran itu adalah :

  1. Jika sholat berjamaah di masjid akan membahayakan diri sendiri atau orang lain, maka dia sholat di rumah, dan dia tetap mendapatkan pahala sholat berjamaah.
  2. Jika dengan tidak membeli makanan/kebutuhan diri dan keluarganya akan membahayakan diri dan keluarganya, maka dia keluar rumah sekedarnya sesuai kebutuhannya untuk belanja memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya. Allah Ta’ala berfirman:

وَلَا تَقۡتُلُوۤا۟ أَنفُسَكُمۡۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ بِكُمۡ رَحِیمࣰا

“Dan janganlah kalian membunuh diri kalian sendiri. Sesungguhnya Allah adalah maha penyayang kepada kalian.”[Surat An-Nisa’ 29].

Semoga Allah senantiasa menjaga kita semua dari segala hal yang buruk. Dan menetapkan kebaikan bagi kita semua.

 

Oleh : Ustadz Abul Mauludi -hafidzhahullah-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here