Wanita Nifas Atau Haid Bertepatan Dengan Masa Menyusui

Pertanyaan

Berapa besaran fidyah yang wajib dikeluarkan oleh wanita hamil dan menyusui ketika berbuka di bulan Ramadhan dan bagaimana hukum seorang wanita yang menyusui bertepatan dengan masa haidnya, apakah dia wajib mengqadha karena haid atau membayar fidyah karena tengah menyusui ?

Jawaban

Wanita yang menyusui boleh tidak berpuasa dan wajib membayar fidyah. Adapun wanita yang haid, maka wajib tidak berpuasa dan menggantinya dengan qadha; demikianlah jenis ibadah yang diperintahkan kepadanya.

Dari keterangan ini diketahui bahwa penghalang puasa bagi wanita yang haid di waktu menyusui lebih didominasi oleh sebab haidnya (wajib tidak berpuasa) dan bukan karena sebab menyusui (boleh tidak berpuasa). Olehnya itu, maka status hukumnya diikutkan kepada wanita yang haid, yaitu : wajib tidak berpuasa, dan kemudian mengqadhanya setelah Ramadhan.

Adapun besaran fidyah yang wajib dikeluarkan oleh wanita hamil dan menyusui ketika tidak berpuasa di bulan Ramadhan yaitu sebesar satu mud atau kurang lebih 600 gr makanan pokok. (Riwayat Abu Hurairah dan Ibnu ‘Umar).

Wallahu a’lam bis shawaab

You may also like...

%d bloggers like this: